Ekspedisi

Tony Fernandes mengundurkan diri sebagai penjabat CEO grup AirAsia X

Jakarta Forum - Tony Fernandes mengundurkan diri sebagai penjabat CEO grup AirAsia X. Tony Fernandes baru ditunjuk sebagai CEO grup AAX pada bulan Juli tahun ini.

Tony Fernandes mengundurkan diri sebagai penjabat CEO grup AirAsia X


Tan Sri Tony Fernandes dari AirAsia telah mengundurkan diri dari perannya sebagai penjabat kepala eksekutif grup AirAsia X (AAX) dengan segera, dan mengatakan bahwa ia ingin fokus pada komitmen lain, menurut pengajuan perusahaan di bursa lokal.
tony-fernandes-mengundurkan-diri-sebagai-penjabat-ceo-grup-airasia-x

Menurut sumber yang ditempatkan dengan baik, Fernandes, yang merupakan kepala eksekutif Capital A, yang merupakan perusahaan induk dari AirAsia Aviation Group, ingin berkonsentrasi pada perusahaan induk dan fokus untuk mengangkat status Practice Note 17 (PN17) untuk AAX, maskapai penerbangan hemat jarak jauh yang berbasis di Malaysia.

PN17 adalah tag yang diberikan kepada perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan yang dapat dihapus dari daftar jika mereka gagal mengatur keuangan mereka dalam kerangka tertentu.

"Dia ingin konsentrasi di Capital A dan secepatnya mencabut maskapai dari PN17," kata sumber tersebut.

12 Bulan Tenggat Waktu Restrukturisasi Keuangan


Pada Oktober 2021, AAX tergelincir ke status PN17 setelah auditor eksternalnya, Ernst & Young, telah menyatakan disclaimer opinion atas laporan keuangan yang telah diaudit maskapai untuk periode keuangan 18 bulan yang berakhir pada 30 Juni 2021.

Tahun lalu, maskapai berbiaya rendah mengumumkan bahwa mereka memiliki waktu 12 bulan untuk mengatur kondisi keuangannya, dan sedang melakukan usulan restrukturisasi utang dan perusahaan, serta penggalangan dana yang diusulkan.

Rencana Komprehensif


Pengunduran diri Fernandes terjadi hanya beberapa hari setelah AAX Rabu lalu mengungkapkan rencananya untuk merumuskan rencana komprehensif yang diusulkan untuk mengatur kondisi PN17.

Terlepas dari perubahan penting dalam tim manajemen senior, sumber tersebut menunjukkan bahwa CEO AAX saat ini Benyamin Ismail akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan pertumbuhan AirAsia, dan grup tersebut belum menemukan pengganti Fernandes di AAX.

Profitabilitas dan Pertumbuhan


Pada hari Senin, Fernandes mengungkapkan bahwa fokus utamanya akan memberikan nilai yang signifikan kepada pemegang saham Capital A, termasuk AirAsia Aviation Group, layanan penerbangan, logistik, perjalanan, fintech dan platform gaya hidup e-commerce.

“Saya yakin bahwa AAX akan kembali lebih kuat dengan memberikan perjalanan kelas menengah yang bernilai tinggi, dipimpin oleh tim kepemimpinan senior di Malaysia dan Thailand.

Saya masuk dengan mandat yang jelas untuk memulai kembali AirAsia X dan menghidupkannya kembali dari hibernasi.

Saya senang bahwa ini telah dicapai dengan rencana yang sangat membangun untuk 20 pesawat untuk Grup AAX— 13 pesawat untuk AAX dan tujuh untuk AAX Thailand.

Tugas saya adalah membawa maskapai kembali ke profitabilitas dan pertumbuhan. Kami telah memperbaiki struktur biaya, dan menciptakan bisnis kargo, yang telah berkontribusi sekitar 20 persen terhadap pendapatan maskapai selama pandemi dan akan terus memainkan peran penting dalam pemulihan AAX,” katanya.

Agar fokus, Tony Fernandes mengundurkan diri sebagai penjabat CEO grup AirAsia X.
Ekspedisi
jual-kurma-untuk ramadhan